Apa itu relawan? Mengenal 4 Jenis Relawan di Indonesia

Apa itu relawan? Mengenal 4 Jenis Relawan di Indonesia

Kata “relawan” mungkin sudah tidak asing di telinga kamu, terlebih pada saat terjadi situasi bencana. Pada situasi itu, para relawan biasanya membantu masyarakat terdampak bencana. Namun, apakah pengertian relawan yang sesungguhnya?

Apa itu relawan? Berikut Pengertiannya 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), relawan merupakan bentuk non-formal atau tidak baku dari “sukarelawan”, dimana “sukarelawan” adalah orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela (tidak karena dipaksa atau diwajibkan). Dan sebutan ini merupakan gabungan dari kata “suka”, “rela” dan akhiran “-wan”.  

Jika dirinci kembali, jadi sebenarnya apa itu relawan? Sekali lagi, berdasarkan KBBI, relawan adalah individu yang mengambil peran atau melakukan kegiatan tertentu atas motif suka dan rela. Jadi dengan kata lain, relawan adalah orang yang melakukan sebuah kegiatan yang biasanya bersifat sosial dengan suka rela atau tanpa diberikan upah. Namun, apakah kamu menyadari bahwa, akhir-akhir ini, kata “relawan” agak jarang terdengar? Artikel-artikel sudah tidak lagi menggunakan kata-kata “relawan”, namun mereka menggunakan padanan kata “volunteer”.

Ya, kaum milenial lebih familar dengan kata “volunteer” ketimbang “relawan.”

Mengapa? karena konsep “relawan” sendiri sangatlah identik dengan kegiatan yang melibatkan pertemuan tatap muka dengan orang-orang yang dibantu ataupun terjun langsung ke lapangan untuk membantu orang-orang di suatu kondisi bencana. Biasanya, fenomena “relawan” ini baru muncul ketika terjadi bencana.

Sementara itu di era modern, konsep “relawan” tidak lagi mengusung pertemuan langsung dan harus menunggu datangnya bencana, melainkan dapat dilakukan secara daring, seperti mengajar bahasa Inggris melalui Zoom ke anak-anak di wilayah-wilayah Indonesia, seperti Papua. Konsep “relawan” itu sendiri telah mengalami pergeseran seiring berkembangnya kebutuhan.

Mengenal jenis - jenis relawan yang ada di Indonesia

Jadi jangan bingung dengan apa itu relawan dan apa itu volunteer lagi ya!
Relawan dan volunteer adalah individu yang sama, yaitu siapapun yang ingin membantu orang lain dalam bentuk apapun tanpa imbalan atau upah. Relawan rela mengorbankan waktu dan tenaganya untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan ataupun organisasi yang dibantunya.

Setelah mengerti apa itu relawan, sekarang mari kita mengenal 4 jenis relawan yang ada di Indonesia! 

1. Apa itu Relawan Pendidikan

Relawan pendidikan adalah siapa saja yang memiliki kepedulian terhadap pendidikan dan secara aktif ingin berkontribusi memajukan pendidikan anak-anak di Indonesia. Lantas, bagaimana cara menjadi relawan pendidikan jika kita sendiri tidak memiliki sertifikasi ataupun jalur pendidikan sebagai seorang guru?

Kamu tentunya tidak perlu khawatir. Merujuk kembali ke apa itu relawan pendidikan, relawan pendidikan ini bukanlah guru ataupun dosen yang memerlukan sertifikasi atau jalur pendidikan tertentu supaya bisa mengajar. Pendidikan yang dimaksud di sini bukanlah kegiatan ajar mengajar yang dilakukan secara formal di sekolah, melainkan kegiatan-kegiatan informal yang berguna untuk menambah pengetahuan seperti mengajar bahasa Inggris, mempelajari agama Islam baik secara virtual maupun secara langsung untuk anak-anak.

Selain pengetahuan atau bahasa, relawan pendidikan memiliki tugas penting yaitu membangun karakter. Seperti yang kita semua ketahui, pembangunan karakter sangatlah penting bagi anak-anak, terutama di usia dini. Kegiatan membangun karakter yang biasa dilakukan oleh relawan pendidikan biasanya bersifat santai, seperti kegiatan menggambar dan mewarnai ataupun bermain bersama anak-anak di taman bermain. Kegiatan seperti ini dipercaya dapat menambahkan keceriaan dan kasih sayang kepada anak-anak. 

2. Apa itu Relawan Kesehatan

Jika tidak memiliki lisensi sebagai dokter, apoteker, atau suster apakah bisa menjadi relawan kesehatan?

Relawan kesehatan tidak mengharuskanmu menempuh pendidikan di bidang kedokteran atau kesehatan lainnya. Ada banyak cara untuk bisa menjadi seorang relawan kesehatan. Namun, penting bagi kamu untuk peduli dengan isu kesehatan dan ingin berkontribusi meningkatkan taraf kesehatan yang ada di Indonesia. Kalau kamu sudah memiliki kepedulian itu, kamu memiliki kualifikasi untuk menjadi seorang relawan kesehatan.

Jadi apa saja kegiatan yang dapat dilakukan seorang relawan kesehatan? Salah satunya adalah membantu survei kekurangan gizi anak-anak di Kepulauan Seribu dengan cara menimbang berat dan tinggi badan anak, dan menyampaikan ajakan-ajakan positif kepada orang tua untuk menjaga pola gizi anak. Nah, kegiatan seperti ini, bisa dong dilakukan oleh semua orang karena hanya menimbang berat dan tinggi badan anak lalu mengisi survei. Selain mengisi survei, tentunya ada banyak sekali kegiatan yang dilakukan relawan kesehatan untuk orang-orang awam seperti kita.

Tapi kalau kamu seseorang yang memang memiliki latar belakang di dunia kedokteran atau kesehatan, tentu saja akan lebih mudah untuk memberikan bantuan sebagai relawan kesehatan ini. Contohnya, kamu bisa menjadi relawan sebagai seorang dokter atau suster di Wisma Atlet ketika Covid-19 sedang merajarela. Selain itu, kamu juga bisa menyalurkan jasamu dengan cara mengabdi sebagai seorang dokter di desa-desa yang jauh dari pusat kota. Jadi kamu, baik orang awam maupun orang yang berkecimpung di dunia kedokteran, sudah paham kan apa itu relawan kesehatan?

3. Apa itu Relawan Lingkungan

Relawan lingkungan adalah siapa saja yang sukarela memberikan waktu dan tenaganya untuk memelihara lingkungan. Ada banyak sekali organisasi yang bergerak di bidang lingkungan ini, terutama dengan hal-hal terkait pemanasan global atau perubahan iklim.

Setelah mendengar nama-nama organisasi tersebut, tentunya kamu sudah punya gambaran tentang jenis kegiatan yang dilakukan oleh relawan lingkungan ini. Biasanya kegiatan yang dilakukan kegiatan relawan lingkungan ini mengumpulkan sampah untuk didaur ulang, menanam pohon, kampanye pemanasan global dan mempublikasikan kegiatan go green ke media-media dan lain-lain.

Maraknya isu pemanasan global yang menyita perhatian banyak orang di seluruh penjuru dunia sejak 2 tahun terakhir, tentu memberi dampak yang besar terhadap kesadaran orang-orang terutama kaum milenial untuk menjaga dan melestarikan bumi. Sehingga banyak sekali organisasi peduli lingkungan yang bermunculan yang juga berdampak terhadap banyaknya jumlah para relawan lingkungan.

Dengan banyaknya jumlah organisasi peduli lingkungan ini, kita berharap akan semakin banyak pula orang yang menaruh perhatian terhadap isu pemanasan global, sehingga ramalan para ahli terhadap kepunahan manusia di atas tahun 2100 dapat dihindari. Oleh sebab itu, peran relawan lingkungan sangatlah penting. Tidak hanya menanam pohon dan mengumpulkan sampah untuk didaur ulang, namun juga mempublikasikan gerakan cinta bumi sehingga dapat merangkul lebih banyak orang lagi.

4. Apa itu Relawan Sosial Kemanusiaan?

Yang terakhir adalah relawan sosial kemanusiaan. Sama seperti relawan lingkungan, relawan sosial kemanusiaan juga merupakan jenis relawan yang paling banyak diminati di Indonesia. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena banyaknya isu sosial kemanusiaan yang terjadi di Indonesia. Salah satu yang terbesar adalah isu kemiskinan.

Berdasarkan Lembaga Riset Insitute for Demographic and Poverty Studies (IDEAS) tingkat kemiskinan Indonesia pada tahun 2022 melonjak menjadi 10,81% atau setara dengan 29,3 juta penduduk, di mana dengan angka tersebut membuat Indonesia menduduki peringkat 101 negara miskin dari total 195 negara di dunia.

Lantas apa itu relawan sosial kemanusiaan dan apa saja kegiatan yang dilakukan relawan sosial kemanusiaan ini sehingga dapat membantu memerangi angka kemiskinan yang ada di Indonesia?

Relawan Sosial Kemanusiaan adalah siapapun yang berkontribusi dalam gerakan sosial kemanusiaan untuk kepentingan masyarakat. Kegiatan yang biasa dilakukan adalah memperbaiki sarana toilet dan tebar hadiah untuk penjaga masjid, membagikan paket sembako ataupun membangun sumur air bersih.

Tidak hanya itu, relawan sosial kemanusiaan juga sering muncul karena dibentuk khusus untuk membantu para korban bencana alam seperti tsunami Aceh, gempa bumi di Palu. Saling membantu korban bencana alam, relawan sosial kemanusiaan juga membantu mencari orang yang hilang bersama dengan polisi. 

Jadi, itulah 4 jenis relawan beserta kegiatannya! Semoga setelah membaca ini, kamu sudah tidak bingung lagi dengan apa itu relawan dan apa saja yang mereka lakukan. Nah sekarang, kamu mulai bertanya-tanya, apa langkah selanjutnya yang harus kamu ambil jika kamu tertarik untuk menjadi salah satu relawan?

Langkah pertama, tentunya, kamu harus menentukan ketertarikanmu ada di bidang apa. Hal ini sangat penting dilakukan supaya kamu dapat menjalani kegiatan volunteer dengan senang hati. Jangan sampai kegiatan relawan ini membuat kamu terbebani.

Setelah itu, kamu perlu mencari organisasi atau komunitas sosial yang sedang mencari relawan sesuai dengan minatmu. Ada banyak sekali organisasi atau komunitas sosial di Indonesia, seperti Wahana Visi Indonesia yang membutuhkan relawan-relawan seperti kamu. 

Jadi tunggu apalagi, ayo daftarkan dirimu segera karena mengetahui apa itu relawan saja tidak cukup! Jika kamu tertarik menjadi relawan di Wahana Visi Indonesia, kamu cukup mengunjungi laman  wahanavisi.org/volunteer dan daftarkan dirimu segera.

 


Related Articles