Masih Ada Anak Sekolah Indonesia Belum Dapatkan Pendidikan

Masih Ada Anak Sekolah Indonesia Belum Dapatkan Pendidikan

Meskipun program gratis sekolah hingga usia 12 tahun sudah dijalankan di Indonesia, namun mirisnya masih ada sekitar 4,1 anak sekolah Indonesia yang belum mendapatkan pendidikan. Jika ini yang terjadi maka akan memiliki dampak yang besar terhadap generasi di masa depan, bisa saja nantinya hal tersebut akan membuat generasi muda menjadi bodoh serta menghancurkan negara sendiri. penting untuk berkontribusi terhadap masa depan generasi muda.

Dampak Mahalnya Biaya Pendidikan Bagi Anak Sekolah Indonesia

Meskipun angka buta huruf semakin lama mengalami penurunan di dalam negeri, namun juga tidak memberikan jaminan terhadap generasi masa depan, karena ada banyak komponen yang mempengaruhinya, termasuk salah satunya yang paling terasa jelas adanya mahalnya biaya pendidikan, hal ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap anak Indonesia, diantaranya adalah:

  1. Banyak anak yang putus sekolah, faktanya karena biaya pendidikan yang mahal, ada banyak Indonesia yang tidak dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, sebut saja setelah lulus SMP dan ingin sekolah SMA, ada banyak yang tidak mampu, apalagi biaya pendidikan tidak sekedar SPP bulanan saja, melainkan juga ada uang saku, uang seragam dan sebagainya.

  2. Rendahnya kualitas SDM di Indonesia, jika dari segi latar belakang pendidikan saja rendah atau kurang. Maka hal tersebut secara otomatis nantinya akan menyebabkan kualitas SDM atau Sumber Daya Manusia yang ikut mengalami penurunan, bahkan bisa baca tulis saja di Indonesia sudah dianggap bagus. Padahal sebenarnya masih ada banyak lagi tolak ukur dikatakan baik secara pendidikan di Indonesia, dimana kebanyakan komponen ini tidak dapat dipenuhi sebagai SDM yang berkualitas.

  3. Tingginya angka pengangguran di dalam negeri, dampak yang sudah pasti terasa adalah karena kualitas SDM yang rendah, menyebabkan anak Indonesia kemudian kalah saing dibandingkan dengan angkatan kerja dari luar negeri. Hal ini secara otomatis membuat angka pengangguran juga ikut mengalami kenaikan, banyak SDM yang gagal terserap dalam dunia kerja.

  4. Tingginya angka kemiskinan, apa dampak akhir yang nantinya akan dirasakan ketika jumlah pengangguran di dalam negeri tinggi? tidak lain adalah berhubungan dengan angka kemiskinan yang dari tahun ke tahun juga terus bertambah. Dengan kondisi semacam ini tentunya akan sangat sulit bagi perekonomian Indonesia untuk bisa lebih berkembang dibandingkan dengan sebelumnya.

Anak Sekolah Indonesia Tidak Bisa Mendapatkan Hak Pendidikan Karena Hal Ini!

Tidak lain tidak bukan hal yang menyebabkan masih banyak anak sekolah Indonesia yang tidak dapat mendapatkan pendidikan secara layak karena biaya yang mahal, sehingga kualitas pendidikan yang ada di Indonesia juga sangat kurang. Mahalnya biaya pendidikan tersebut sebenarnya bisa terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini, yaitu:

 


Related Articles