Masyarakat Relawan Indonesia dan 7 Karakteristik Relawan yang Baik

Masyarakat Relawan Indonesia dan 7 Karakteristik Relawan yang Baik

Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) adalah organisasi massa yang mandiri, universal, dan bebas berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membela kepentingan dan hak masyarakat dengan orientasi membangun masyarakat sipil yang kuat. MRI menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam upaya mempererat kebersamaan dan membangun keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.

Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) terdiri dari para relawan individu yang memiliki komitmen dan kontribusi dalam menciptakan perubahan positif terhadap lingkungannya, baik lingkungan mikro maupun makro atas dasar prinsip kerelawanan sebagai bentuk tanggung jawab sosial sebagai individu, sebagai warga masyarakat, sebagai warga negara , dan sebagai warga dunia.

Mengapa Masyarakat Relawan Indonesia? Manfaat menjadi relawan dapat bertahan seumur hidup, tidak hanya bagi mereka yang Anda bantu, tetapi juga bagi diri Anda sendiri. Kesukarelawanan berarti memberikan waktu dan kemampuan Anda untuk membantu orang lain (biasanya organisasi nirlaba) tanpa menginginkan kompensasi finansial. Sederhananya, menjadi relawan adalah layanan untuk komunitas Anda.

Banyak organisasi nirlaba mengandalkan relawan untuk mencapai tujuan sehari-hari dan untuk mencapai tujuan jangka panjang. Wahana Visi Indonesia, misalnya, mengandalkan relawan untuk membantu operasional mereka. Sebagian besar organisasi nirlaba tidak akan mampu melakukan pekerjaan penting yang mereka lakukan tanpa kekuatan kerja sukarela.

Tidak ada yang dilakukan oleh satu orang saja, yang berarti kita harus bersatu untuk membuat perubahan yang ingin kita lihat di dunia oleh sebab itu masyarakat relawan Indonesia adalah hal yang perlu digaris bawahi. Kesukarelaan memang menjadi bahan bakar bagi api perubahan baik di front internasional maupun lokal. Menyumbangkan waktu, keterampilan, dan sumber daya Anda adalah salah satu cara paling ampuh untuk membuat perbedaan, membantu orang lain, dan ternyata, meningkatkan kesejahteraan Anda sendiri.

Cara Untuk Menjadi Relawan yang Baik

Bagaimana karakteristik relawan yang baik menurut masyarakat relawan Indonesia? Kegiatan relawan tentunya adalah pengalaman unik yang mengubah kehidupan siapa pun yang melewatinya. Namun, agar menjadi pengalaman yang positif, baik sukarelawan maupun pihak organisasi harus memiliki pertukaran yang saling menguntungkan.

Saat menerima relawan, pihak organisasi juga terbuka untuk pengalaman baru dan berharap itu akan menjadi yang terbaik. Relawan yang tidak mengambil inisiatif untuk membantu dengan cara yang telah mereka sepakati sebelumnya dapat merugikan seluruh operasi organisasi atau lingkungan pertukaran kerja yang menjadi komitmen mereka.

Daftar ini akan membantu Anda menjelajahi pengalaman menjadi sukarelawan  dan menikmati kesempatan sekali seumur hidup ini untuk bertemu orang baru dan membenamkan diri dalam budaya lokal.

1. Komunikasi


Related Articles