Mengenal Apa Arti Sponsor dan 6 Manfaatnya

Mengenal Apa Arti Sponsor dan 6 Manfaatnya

Sponsor anak adalah program yang memungkinkan Anda untuk mendukung anak-anak, keluarga dan seluruh komunitas. Program sponsorship memberi mereka kesempatan untuk tumbuh dengan sehat, terdidik, dan aman serta mengubah masa depan mereka selamanya. Tapi masih banyak orang yang belum mengetahui apa arti sponsor itu sendiri. 

Program sponsorship membantu mengembangkan empati Anda untuk orang yang kurang beruntung. Ketika Anda berpartisipasi dalam program ini, Anda sering melihat kesulitan dan penderitaan orang lain, dan ini membuat Anda berpikir betapa mudahnya Anda dan betapa beruntungnya Anda. Ini membantu Anda berempati dengan kesulitan orang lain.

Program sponsorship juga memberikan kesempatan bagi orang-orang yang berkecukupan (misalnya, mereka yang lebih beruntung) untuk memahami bahwa memiliki lebih banyak adalah hak istimewa yang harus diperlakukan sebagaimana mestinya, karena orang lain tidak memiliki nasib baik yang sama.

Apa itu Program Sponsorship?

Apa arti sponsor? Sponsor umumnya berarti perusahaan atau individu memberikan dukungan keuangan kepada organisasi kemanusiaan. Hal ini mungkin bisa dalam bentuk donasi reguler atau donasi satu kali. Dalam banyak kasus, organisasi kemanusiaan tersebut akan memberikan informasi kepada sponsor tentang bagaimana pemanfaatan dana yang sudah diberikan.

Memang masih banyak orang yang belum memahami apa arti sponsor dan apa bedanya dengan donasi pada umumnya. Program sponsorship dapat memberikan banyak manfaat baik untuk orang dibantu atau yang diberi sponsor karena biasanya dana diberikan secara reguler. Sedangkan donasi seringkali hanya diberikan satu kali, namun dalam jumlah yang sangat besar. Biasanya perusahaan-perusahaan melakukan hal ini. Baik sponsorship ataupun donasi satu kali, ini adalah cara untuk memberikan kembali kepada komunitas sambil juga menjalin kerja sama antara perusahaan dengan organisasi kemanusiaan tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menjadi sponsor:

  • Anda harus memastikan bahwa Anda setuju dengan misi dan tujuan organisasi.
  • Anda harus mencari tahu penyerapan dan pemanfaatan donasi Anda.
  • Anda harus membaca semua kontrak dan perjanjian sebelum Anda berkomitmen.

Singkatnya, mensponsori organisasi kemanusiaan adalah cara yang bagus untuk mendukung tujuan yang baik sekaligus 

mempromosikan bisnis atau merek Anda pada saat yang bersamaan. Anda hanya perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan organisasi yang sesuai dengan nilai dan minat Anda.

Apakah donasi atau sponsor tepat untuk Anda?

Setelah mengetahui apa arti sponsor, tentunya saat memutuskan apakah donasi atau sponsor cocok untuk Anda, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Pertanyaan pertama adalah untuk apa donasi atau sponsor itu digunakan. Jika Anda menyumbang untuk amal, Anda harus meneliti badan amal tersebut untuk memastikan uang Anda digunakan untuk tujuan yang baik. Saat mensponsori, penting untuk melakukan riset tentang perusahaan atau organisasi yang Anda sponsori. Pastikan memiliki reputasi baik dan memahami apa arti sponsor. Juga, pertimbangkan berapa banyak yang dapat Anda sumbangkan.

Akhirnya, pertimbangkan apa yang Anda harapkan dari donasi atau sponsor. Dengan donasi, Anda mungkin berharap organisasi  tersebut akan menggunakan uang Anda dengan bijak dan memberikan dampak. Dengan sponsor, Anda mungkin berharap mendapatkan akses ke acara atau produk eksklusif dari organisasi yang Anda sponsori.

Secara keseluruhan, donasi dan sponsor dapat menjadi cara yang bagus untuk mendukung organisasi yang penting bagi Anda. Lakukan penelitian Anda sebelumnya dan pastikan bahwa organisasi dan anggaran Anda cocok.

Manfaat Program Sponsor Anak Bagi Anak

Apa arti sponsor untuk anak-anak dan apa manfaat yang diberikannya? Program sponsor anak adalah salah satu cara yang paling berdampak untuk menghentikan kemiskinan dialami anak. Dengan demikian, ada banyak manfaat dari program sponsor anak untuk anak-anak.

Alasan utamanya adalah program sponsor anak tidak hanya menyalurkan uang yang dikelola menjadi program-program yang bermanfaat bagi anak-anak. Sebaliknya, sponsori anak menumbuhkan hubungan atau komunikasi antara anak dan sponsor.

Berikut adalah beberapa manfaat program sponsor anak untuk anak-anak:

  • Pendidikan
  • Kesehatan
  • Air bersih dan sanitasi
  • Pengembangan keterampilan hidup
  • Pengembangan ekonomi keluarga

Sekarang Anda sudah paham apa arti sponsor, tapi bagaimana tepatnya program sponsor anak berdampak positif pada tingkat kemiskinan anak? Dan bagaimana Anda bisa terlibat dengan program sponsor anak yang tepat? Ssimak untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Anda.

Apakah Sponsor Anak Efektif?

Setelah mengetahui apa arti sponsor, pertanyaan selanjutnya adalah apakah sponsor anak benar-benar berhasil? Ini pertanyaan yang wajar, dan sebaiknya ditanyakan sebelum mereka berkomitmen untuk menjadi sponsor.

Jawaban singkatnya adalah – ya, sponsor anak salah satu program yang cukup efektif. Pada tahun 2013 dua peneliti, Glewwe dan Wydick, meneliti 540 anak di daerah kumuh Jakarta, beberapa berpartisipasi dalam program sponsor, beberapa tidak. 

Sebagai salah satu bagian dari penelitian, setiap anak diberi sekotak pensil warna dan selembar kertas kosong. Mereka diminta menggambar diri mereka berdiri di tengah hujan. Gambar-gambar itu kemudian dianalisis berdasarkan seperangkat karakteristik gambar yang berhubungan dengan lima ukuran harapan dan harga diri. 

Anak-anak yang terdaftar dalam program sponsor anak memiliki hasil yang sangat berbeda dari rekan-rekan mereka yang tidak disponsori. Secara keseluruhan, anak-anak yang disponsori menunjukkan tanda-tanda peningkatan kebahagiaan, peningkatan kemanjuran diri, dan penurunan keputusasaan. 

Sementara sponsor anak telah menjadi mesin penggalangan dana yang kuat untuk organisasi nirlaba sejak pertengahan 1930-an, pengalaman sponsor memiliki dampak yang signifikan secara statistik pada tahun sekolah; tamat sekolah dasar, menengah, dan tinggi; dan kualitas pekerjaan. Singkatnya, sponsor anak adalah program yang berhasil!

Dalam hal peningkatan prestasi pendidikan, anak-anak yang disponsori memiliki kemungkinan 27%-40% lebih besar untuk menyelesaikan sekolah menengah dibandingkan teman sebayanya, dan 48%-80% lebih mungkin untuk menyelesaikan pendidikan tinggi (yaitu studi pasca-sekolah menengah termasuk sekolah kejuruan atau universitas). Statistik ini merupakan indikator positif bahwa sponsor anak tidak hanya meningkatkan pengalaman masa kanak-kanak, tetapi juga mengubah kehidupan seseorang – selamanya.

Bantu anak-anak Indonesia yang membutuhkan melalui program sponsorship dari Wahana Visi Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik lagi. Kunjungi websitenya sekarang juga di https://wahanavisi.org/ 


Related Articles