Mengenal Jenis-Jenis Volunteer dan Manfaat yang Diterima

Mengenal Jenis-Jenis Volunteer dan Manfaat yang Diterima

Volunteer atau sukarelawan adalah individu yang memberikan kontribusi dan bantuan kepada komunitas atau masyarakat dalam bentuk aktivitas yang dilakukan secara sukarela. Dalam era modern ini, konsep open volunteer muncul sebagai gerakan yang melibatkan banyak orang dari berbagai latar belakang, memperluas ruang partisipasi sukarela, dan menciptakan pengalaman yang bermakna bagi para relawan. Kali ini, kita akan menjelajahi berbagai macam kegiatan volunteer dan manfaat yang terkandung dalam menjadi seorang volunteer.

Jenis-Jenis Volunteer
Ada banyak jenis-jenis volunteer atau relawan yang dikategorikan berdasarkan kegiatan yang dijalani. Saat ini, kegiatan volunteer tidak hanya dilakukan secara offline atau bertemu secara fisik, melainkan bisa juga dilakukan dengan online volunteering atau virtual voluntary. Mari bahas penjelasan lengkapnya bersama:

  1. Volunteer Sosial
    Volunteer sosial adalah bentuk kontribusi yang berfokus pada membantu komunitas yang membutuhkan melalui berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Sebagai seorang volunteer sosial, ada banyak manfaat yang dapat diperoleh, baik bagi individu maupun komunitas yang dilayani. Kegiatan seorang volunteer sosial tidak jauh dari kegiatan seperti pemberian makanan kepada masyarakat rentan, perawatan lingkungan, atau pengajaran anak-anak dari latar belakang kurang mampu.
  2. Volunteer Kesehatan
    Volunteer kesehatan adalah bentuk kontribusi yang berfokus membantu meningkatkan kesadaran dan membantu memberikan fasilitas kesehatan terhadap komunitas yang memiliki akses kesehatan terbatas. Untuk menjadi volunteer kesehatan tidak semua harus menempuh pendidikan di bidang kesehatan atau kedokteran. Bagi para relawan yang bukan seorang lulusan atau tidak memiliki latar belakang di bidang kesehatan, kontribusi yang diberikan bisa berupa himbauan bagi orang tua dan anak tentang pola makan teratur dan bergizi, melakukan survei kesehatan gizi di suatu wilayah dengan cara pendataan, menimbang berat badan dan tinggi anak, serta mengedukasi anak tentang kesadaran menjaga kesehatan diri dengan penyampaian yang menyenangkan.

 


Related Articles