Pembelajaran Baru Para Tukang dalam Proses Pembuatan Kandang Ayam Petelur

Pembelajaran Baru Para Tukang dalam Proses Pembuatan Kandang Ayam Petelur

Salah satu kegiatan dalam Proyek Bersama Teman Baik yang didukung oleh Zurich Insurance adalah proses pembangunan kandang ayam petelur untuk 15 kelompok Asosiasi Simpan Pinjam untuk Kesejahteraan Anak (ASKA) wilayah Sigi dan Parimo, Sulawesi Tengah. Pembangunan kandang ayam ini penting dilakukan karena kelompok ASKA akan menjalankan usaha peternakan ayam petelur skala kecil (100 ekor) untuk setiap kelompok dan kandang merupakan unsur paling mendasar agar usaha yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik. Karena program usaha ini merupakan hal baru di wilayan Sigi dan Parimo, maka hal ini merupakan pengalaman yang baru pula bagi setiap tukang yang membuat kandang ayam petelur.

Arsid (50) adalah salah satu dari 14 tukang yang berperan dalam pembuatan kandang kelompok ASKA di wilayah Sigi, tepatnya di Kec. Kinovaro, Sulawesi Tengah. Beliau merupakan satu-satunya tukang yang membangun dua kandang kelompok sekaligus dengan waktu penyelesaian yang sama dengan tukang lainnya. Meskipun telah menerima gambar desain dan konsep kandang secara detil oleh pendamping di lapangan, ketika awal proses pembuatan kandang beliau masih bingung bagaimana cara membuat kandang luar serta kandang baterai agar sesuai dengan desain kandang yang telah diberikan. Bahkan, terdapat beberapa kekeliruan di dua lokasi kandang yang beliau bangun dan pada akhirnya beliau harus perbaiki kembali. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat beliau untuk terus memperbaiki dan menyelesaikan persoalan yang ada, hal tersebut beliau jadikan pembelajaran dan motivasi untuk terus menambah wawasan baru dengan harapan dapat berguna dikemudian hari.  

"Wahana Visi Indonesia memberikan pembelajaran baru untuk kami. Karena ini merupakan pengalaman pertama kami dalam membuat kandang ayam petelur, awalnya ketika melihat gambar dan desain kami bingung mau bagaimana bentuknya yang akan kami bangun. Tapi setelah kandangnya jadi dan terlihat bagus kami merasa puas dengan hasilnya. Jadi kalau mau bikin kandang skala besar nanti kami sudah siap.’ 

Penulis: Iksan Maulvi Ahmad - Project Officer 'Bersama Teman Baik'


Related Articles