Program Mewujudkan Masa Depan untuk Anak-Anak Indonesia

Program Mewujudkan Masa Depan untuk Anak-Anak Indonesia

Indonesia merupakan negara yang luas dengan banyak penduduk. Sehingga tidak heran dari berbagai pencapaian yang berhasil dilakukan, tentunya masih ada gap atau kesenjangan yang dapat ditemui di berbagai sektor. Termasuk juga untuk perlindungan anak yang ada di Indonesia yang masih menjadi kelompok rentan. Kesenjangan dapat ditemui pada pertumbuhan dan juga pengalaman yang dipunyai oleh anak di seluruh Indonesia.

Pengalaman untuk Anak-Anak di Indonesia yang Berbeda

Kesenjangan yang dapat dirasakan oleh anak Indonesia memberikan pengalaman yang berbeda-beda. Sehingga hal tersebut menimbulkan banyak anak yang menjadi kelompok rentan dan tidak mendapatkan pengalaman yang sama seperti anak pada umumnya di Indonesia. Seperti anak yang tidak mendapatkan pengalaman pendidikan yang layak, fasilitas kesehatan yang memadai, kasih sayang yang diberikan oleh keluarga, dan juga masih banyak lainnya.

Anak di Indonesia sendiri mempunyai presentase hingga sepertiga dari penduduk yang ada di Indonesia. Kurang lebih dari 85 juta penduduk terdiri dari anak-anak. Oleh karena itulah penting melakukan hal untuk anak-anak sehingga mendorong anak bisa mempunyai masa depan yang lebih baik. Utamanya adalah dengan memberikan anak bisa mempunyai pengalaman yang merata dan mengentaskan kesenjangan yang dipunyai oleh anak-anak yang ada di Indonesia. 

Untuk berusaha membantu masalah kesenjangan pada anak-anak maka bisa dengan mengenal permasalahan yang dihadapi terlebih dahulu. Sehingga kemudian dapat berusaha untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dengan optimal agar anak mendapatkan kesempatan mempunyai masa depan yang lebih baik.

Permasalahan yang dihadapi oleh anak-anak di Indonesia diantaranya adalah:

  • Anak-anak yang tinggal di daerah tertinggal sehingga tidak mendapatkan fasilitas yang sama dengan anak yang tinggal di daerah perkotaan. Hal tersebut membuat anak mempunyai pengalaman yang tidak sama karena minimnya support fasilitas dan sarana yang ada di daerah tertinggal.

  • Anak-anak juga merupakan korban dari dampak bencana alam yang bisa terjadi beberapa tahun kedepan yang disebabkan oleh perubahan iklim. Sebagai generasi penerus di masa depan, maka yang akan merasakan dampak perubahan iklim yang paling pertama tentunya anak-anak yang sekarang ini sedang tumbuh.

  • Anak-anak yang mempunyai keluarga kurang mampu dan terbelenggu oleh kemiskinan juga akan mendapatkan pengalaman yang tidak maksimal karena faktor ekonomi yang membuat anak susah untuk mengenyam pendidikan, mendapatkan fasilitas kesehatan terbaik, dan juga pengalaman lainnya.

Berpartisipasi Memberikan untuk Anak-Anak di Indonesia Masa Depan Lebih Baik

Dengan mengetahui bahwa anak Indonesia mempunyai pengalaman yang tidak sama karena masalah kesenjangan yang terjadi. Maka solusi yang bisa diambil adalah dengan berpartisipasi untuk melakukan tindakan perubahan yang bisa dilakukan. Caranya cukup dengan mencoba mendekatkan kesenjangan yang dipunyai oleh anak-anak di Indonesia, sehingga akan membantu anak-anak yang paling terdampak dan membutuhkan bantuan.

Cara yang dapat dilakukan untuk membuat perubahan dan mendekatkan kesenjangan yang terjadi tersebut seperti dengan:

  • Langkah yang pertama adalah dengan mengambil bagian dengan mengikuti program yang khusus berfokus untuk anak-anak. Sehingga akan membantu untuk membuat perubahan yang terjadi pada anak-anak yang ada di Indonesia.

  • Langkah selanjutnya adalah dengan mencari tahu mengenai organisasi dan mitra yang mempunyai tujuan untuk membantu anak-anak. Sehingga kemudian bisa turut berpartisipasi dengan menjadi volunteer atau sukarelawan maupun memberikan donasi tepat yang akan disalurkan untuk membantu anak-anak di Indonesia mempunyai masa depan yang lebih cerah.

  • Langkah lainnya juga dapat untuk menyuarakan pendapat dan juga aksi yang turut ambil untuk membantu melindungi hak yang dipunyai anak. Sesuaikan dengan isu anak yang penting bagi Anda, sehingga akan bisa membuat perubahan pada isu tertentu bagi anak.

  • Melakukan advokasi yang bisa dilakukan untuk membantu anak-anak di Indonesia sehingga bisa memperoleh masa depan yang lebih baik dengan bergabung dengan komunitas tertentu yang fokusnya untuk membantu anak-anak.

Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk anak-anak sehingga bisa membuat perubahan agar anak-anak di Indonesia bisa mempunyai masa depan yang lebih baik. Anda bisa bergabung untuk menyuarakan perubahan dari hal-hal yang masih membuat anak susah untuk berkembang. Selain itu juga melakukan aksi yang membantu anak-anak untuk mempunyai masa depan lebih baik seperti dengan memberikan donasi, menjadi relawan, dan berbagai hal lainnya yang membantu untuk turut membuat perubahan yang bisa dirasakan oleh anak-anak di Indonesia ke depannya bisa tumbuh lebih baik dan mempunyai masa depan lebih terang.

Program untuk Anak-Anak dari Wahana Visi Indonesia

Salah satu contoh perubahan yang dapat dilakukan untuk anak-anak adalah yang dilakukan oleh Wahana Visi Indonesia. Kami merupakan lembaga NGO yang mempunyai fokus untuk dapat membantu anak-anak dan juga masyarakat yang ada di daerah tertinggal khususnya yang ada di wilayah Indonesia Timur. Untuk turut memberikan kontribusi dalam membantu anak-anak di Indonesia, Anda bisa mengambil bagian dalam berbagai program yang Kami tawarkan yaitu:

  1. Sponsor anak
    Program pertama yang bisa dipilih bagi yang ingin memberikan perubahan untuk anak-anak yang merasakan dampak langsung dari kesenjangan yang masih bisa ditemukan adalah dengan menjadi sponsor anak. Wahana Visi Indonesia menawarkan program untuk memberikan sponsor pada anak dengan besaran mulai dari 200 ribu rupiah saja yang dilakukan secara rutin.

    Dengan menjadi sponsor anak maka Anda akan membantu anak dan komunitas untuk mempunyai kehidupan yang lebih baik di masa depan. Sponsor anak mempunyai kerjasama dengan komunitas sehingga bantuan yang diberikan akan dapat digunakan secara optimal untuk kepentingan anak dan komunitasnya.

  2. Donasi
    Program selanjutnya yang bisa dipilih untuk anak-anak melalui Wahana Visi Indonesia yaitu pemberian donasi. Kami menerima donasi yang bisa diberikan sesekali yang memberikan fokus untuk bisa memberikan harapan untuk anak. 

    Banyak anak di daerah tertinggal tidak merasakan sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan, perlindungan dan lainnya, sehingga hal tersebut berakibat pada adanya kesenjangan dan kesetaraan. Dengan donasi yang Anda berikan akan membantu untuk menuntaskan kesenjangan dengan menyediakan sarana dan prasarana yang layak untuk anak Indonesia.

  3. Ayo terlibat
    Wahana Visi Indonesia juga mempunyai program Ayo Terlibat yang dapat untuk membantu anak-anak di Indonesia. Program Ayo Terlibat bisa digunakan tidak hanya menyumbangkan dana, tetapi juga kemampuan dan juga waktu yang dipunyai. Program Ayo Terlibat dari Kami bisa dipilih untuk membangun kemitraan, volunteer melalui program KINCIR, hingga juga Fundraiser yang mempunyai tujuan untuk membantu anak-anak.

Kami mempunyai banyak program untuk anak-anak di Indonesia bisa meraih masa depan yang lebih baik lewat program donasi, sponsor anak, kemitraan, hingga juga relawan. Sehingga ada banyak cara untuk membantu anak-anak di Indonesia dalam mengecilkan angka kesenjangan yang dialami oleh anak-anak. Wahana Visi Indonesia menjadi pilihan terbaik untuk membuat perubahan bagi masa depan anak dengan pengalaman lebih dari 25 tahun membantu masyarakat di Indonesia khususnya daerah tertinggal.


Related Articles