WVI Closes the Emergency Response in Central Sulawesi

WVI Closes the Emergency Response in Central Sulawesi

Rabu, 21 Oktober 2020, Wahana Visi Indonesia (WVI) secara virtual menutup kegiatan operasi respons bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah atau yang biasa disebut sebagai Central Sulawesi Earthquake and Tsunami Emergency Response (CENTRE). Acara yang digelar secara virtual ini dihadiri oleh mitra yaitu pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Kota Palu, Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala dan Kabupate Parigi Moutong serta donor dari USAID, HSBC Indonesia dan Riana Singgih.

Melalui dukungan dari para mitra dan donor, WVI telah menyalurkan bantuan kepada 46.224 keluarga dengan 176.026 total penerima manfaat (80.583 diantaranya adalah anak-anak) di 240 desa di empat wilayah tersebut. Selama 2 tahun, WVI memfokuskan kegiatan pada pembangunan hunian sementara (huntara), kebutuhan air, sanitasi dan kebersihan, kesehatan & gizi, pendidikan (termasuk perlindungan anak di sekolah dan pendidikan kesiagaan bencana) dan pemulihan ekonomi. Adapun tahap rehabilitasi dan pemulihan akan berakhir pada 30 November 2020.

Dengan berakhirnya program CENTRE untuk rehabilitasi dan pemulihan, Direktur Nasional Wahana Visi Indonesia Doseba T. Sinay mengapresiasi setiap kerja sama yang telah dilakukan selama ini, “Kami berterima kasih kepada pemerintah daerah, mitra kerja donor dan sponsor atas kepedulian dan solidaritas yang sangat tinggi untuk saudara kita di Sulawesi Tengah. Dukungan lebih dari 40 lembaga donor pemerintah dan swasta baik dari dalam dan luar negeri, 32 mitra kerja lokal dan ribuan donor individual memampukan kami menyalurkan program ini sejak 2018. Lewat peringatan 2 tahun respons program ini, saya percaya kita semua mendapatkan pembelajaran untuk dapat terus berkolaborasi saling melengkapi, saling membangun manusia khususnya anak anak didalam keadaan apapun termasuk saat bencana besar terjadi.”

Penutupan ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Palabbi. Beliau mengapresiasi segala upaya yang selama ini telah dilakukan oleh WVI dalam merespons bencana gempa dan tsunami. “Kami mengucapkan terima kasih kepada para donor dan pihak-pihak terkait yang telah membantu kami. Semua program yang telah dijalankan oleh WVI selama ini, akan kami lanjutkan melalui instansi yang terkait. Bersama Sulawesi Tengah pulih seperti sedia kala.”

Selain melakukan intervensi di sektor utama, WVI juga merespons bencana pandemi COVID-19 yang juga menimpa warga yang mendapat pendampingan pascagempa. Lewat pengembangan website Yakumart.com serta penyaluran materi Komunikasi, Informasi dan Edukasi dan bantuan pangan, warga terdampak mendapat pendampingan dalam menghadapi bencana ini.

Ditulis oleh Rena Tanjung & Amanda Putri, Communications, Wahana Visi Indonesia


Related Articles