3 Program WVI Sebagai Salah Satu Wadah Untuk Mencapai Perubahan

3 Program WVI Sebagai Salah Satu Wadah Untuk Mencapai Perubahan

Menjadi sukarelawan dapat menjadi wadah untuk membantu orang lain dan dapat memberikan dampak positif. Banyak mahasiswa dan pelajar di universitas dan sekolah mengejar kegiatan yang satu ini di waktu luang mereka untuk terlibat secara konstruktif dan membantu mengatasi kesenjangan di wilayah mereka. 

Jika Anda seorang mahasiswa yang ingin membuat perbedaan di lingkungan Anda, mungkin ada baiknya Anda meninjau berbagai wadah untuk melakukannya. Pengabdian masyarakat penting bagi mahasiswa karena kegiatan seperti itu dapat membantu mereka mendukung orang lain yang membutuhkan. 

Upaya yang berorientasi layanan memungkinkan mahasiswa untuk meningkatkan komunitas mereka, memperkaya kehidupan mereka, mendapatkan perspektif dan membuat dampak positif pada kehidupan orang lain. 

Menjadi sukarelawan melalui program layanan masyarakat adalah salah satu pengalaman paling berharga yang dapat Anda ikuti. Menggunakan keterampilan dan waktu Anda untuk digunakan memiliki manfaat pribadi yang besar, termasuk peningkatan kesehatan, suasana hati, dan tujuan hidup.

Upaya sukarela yang diberikan tentunya untuk menciptakan lingkungan yang lebih kuat yang memiliki rasa bangga dan koneksi komunitas yang lebih besar. Bagian terbaiknya adalah, semua manfaat ini dapat dilakukan di komunitas lokal.

Bagian yang sulit adalah menemukan kegiatan sukarela yang tepat dan proyek layanan masyarakat yang sesuai dengan keahlian Anda. Kami menawarkan berbagai program untuk membantu memandu Anda untuk melakukan kegiatan sukarelawan yang merupakan salah satu wadah untuk membantu masyarakat diluar sana. 

Wadah untuk Membuat Perubahan

Sudah cukup lama inisiatif kegiatan sukarelawan di Indonesia menjadi salah satu wadah yang dapat memberikan perubahan. Dengan kelompok yang terdiri dari anak-anak muda yang masih sekolah maupun kuliah yang termotivasi untuk menginvestasikan waktu, bakat, dan semangat mereka untuk anak-anak yang rentan di Indonesia. 

Inisiatif ini, dalam kerangka awal program sukarelawan, WVI bekerja sama dengan universitas dan sekolah untuk membantu menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk mewujudkan mimpi agar setiap anak mendapatkan terpenuhi haknya. Setiap kelompok yang terdiri dari kumpulan mahasiswa dapat tumbuh menjadi tim yang berkembang dan dapat memberikan kontribusi penuh dengan menjangkau anak-anak atau masyarakat secara langsung.

Indonesia adalah negara berkembang dengan penduduknya yang cukup padat. Perubahan sosial di negara ini membutuhkan kerja intensif di tingkat masyarakat.

Sementara tugas WVI di Indonesia sebagai wadah perubahan berfokus untuk mendukung kesejahteraan untuk semua masyarakat dengan memperkuat program relawan sebagai strategi untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat. Program ini adalah wadah untuk meningkatkan kesadaran di seluruh negeri, sebagai langkah pertama untuk komunikasi yang lebih komprehensif untuk inisiatif pembangunan.

Relawan sebagai wadah untuk masyarakat memiliki kapasitas untuk membawa pesan tentang masalah ini ke tingkat yang paling dekat dengan anak sebagai bagian dari komunitas mereka, menerjemahkan dan mengkontekstualisasikan pesan dan membuat perubahan menjadi lebih mungkin.

Bagi banyak relawan, motivasi yang mereka dapatkan di awal perjalanan kerelawanan mereka diperkuat oleh apa yang mereka lihat saat bekerja dalam kampanye mereka, menciptakan “lingkungan yang baik”. Semakin banyak sukarelawan yang terlibat dalam kampanye, semakin mereka melihat bagaimana mereka dapat membawa perubahan pada komunitas mereka.

Program WVI Bersama Sekolah dan Universitas

Program Relawan Sekolah

Menjadi sukarelawan adalah salah satu wadah dan cara yang luar biasa dan praktis untuk keluar dari zona nyaman kita. Menjadi sukarelawan memungkinkan Anda memperoleh pengetahuan dan keterampilan profesional di lingkungan di luar sekolah. 

Selain itu, menjadi sukarelawan adalah wadah yang memberi Anda kesempatan untuk terhubung dengan komunitas dan orang-orang dari latar belakang berbeda yang memiliki nilai yang sama.

Kesukarelawanan lebih dari menghabiskan waktu seseorang secara aktif berpartisipasi dalam tindakan atau kegiatan tanpa pamrih yang bermanfaat bagi orang lain. Ini memiliki dampak yang lebih besar pada masyarakat secara keseluruhan. 

Relawan sangat membantu masyarakat saat mereka membenamkan diri dalam kumpulan peluang. Peluang ini adalah salah satu alasan mengapa kita perlu mendorong lebih banyak siswa untuk menjadi sukarelawan. Dengan menjadi sukarelawan, siswa dapat menjadikannya wadah untuk mengembangkan keterampilan hidup dan menjadi individu yang berpengetahuan luas. 

Relawan Kantor

Anda dapat membuat perbedaan dengan membantu tim kami dengan menerjemahkan dokumen, desain, administrasi, dan lain sebagainya. Hampir semua kegiatan relawan kantor ini dilakukan secara home-based. Dalam peran ini, Anda akan berkontribusi pada pertumbuhan badan amal anak-anak yang besar, sambil mendapatkan wawasan berharga tentang bagaimana WVI memberikan layanan kepada anak-anak di seluruh Indonesia.

Sukarelawan kantor adalah cara yang fantastis untuk mengembangkan keterampilan profesional Anda sambil juga memberikan dukungan luar biasa dan perspektif baru yang tak ternilai untuk WVI.

Di satu sisi, menjadi mengikuti kegiatan relawan kantor membantu Anda merasakan secara langsung cara kerja sebuah organisasi. Ini sering memungkinkan Anda untuk terlibat dengan cara yang fleksibel, memungkinkan Anda mempelajari bidang yang paling Anda minati.

Di sisi lain, organisasi juga semakin menyambut baik kesempatan untuk mendapatkan bantuan ekstra dan perspektif unik dari seorang sukarelawan bersama mereka di kantor.

Relawan Lapangan

Kesukarelawanan adalah cara yang bagus untuk memberi dampak positif kepada komunitas Anda, menjalin pertemanan baru, dan mengejar tujuan yang Anda sukai. Menjadi relawan lapangan menawarkan Anda kesempatan untuk berjejaring dengan orang-orang di industri Anda, menunjukkan keahlian Anda dan mempelajari organisasi luar dalam. Peluang ini dapat membuat Anda siap untuk membuat perubahan yang positif baik untuk diri Anda maupun komunitas Anda. 

Kegiatan relawan lapangan di WVI memberi peluang bagi relawan untuk berkontribusi secara langsung selama 1 minggu untuk berkunjung ke wilayah dampingan Wahana Visi Indonesia. 

Relawan Sosial Media 

Apakah Anda tahu cara membangun kerumunan dan memulai percakapan yang menarik? Jika Anda ingin menggunakan keahlian Anda untuk mendukung tujuan yang penting bagi Anda, bergabunglah dengan tim sukarelawan media sosial WVI. Dengan menjadi sukarelawan media sosial, peluang bagi Anda untuk membantu menjadi tidak terbatas. 

Kegiatan ini menjadi wadah dan peluang untuk relawan berkontribusi dalam menyebarkan informasi dan pengetahuan melalui sosial media dengan konten yang telah dirancang oleh Wahana Visi Indonesia.

Dengan menjadi sukarelawan media sosial, Anda dapat membantu dengan banyak cara dan mengubah dunia dengan menjadi relawan Media Sosial.

Nah itu dia berbagai program untuk mahasiswa dan pelajar yang dapat dijadikan wadah untuk memberikan kontribusinya dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik. 

Daftar dan bergabung sekarang juga dengan Wahana Visi Indonesia melalui program-program di atas. Ajak juga teman, guru dan sekolahmu untuk berkontribusi secara langsung untuk membuat perubahan bagi anak-anak dan masyarakat di wilayah terpencil di Indonesia. Kunjungi websitenya untuk informasi lengkapnya di wahanavisi.org


Related Articles